youtube: Naiko Chanel

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Mencari Passion?


        Orang bilang, kalo mau sukses itu harus kerja sesuai dengan passion. Masalahnya, apa kita tahu apa passion kita? 

       Aku dari dulu selalu mencari hal tersebut, namun sayangnya aku tuh bosenan kalo menjalankan sesuatu. Sukanya adalah jalan-jalan dan ngobrol bareng orang atau ketemu dengan orang baru dan sharing tentang pengalaman. Tapi kalo cuma jalan-jalan aja kan malah ngabisin duit doang yak? 
Tapi itulah perjalanan hidup. Kalian pasti merasakannya kan?

     Bagiku, pengalaman itu adalah sesuatu hal berharga. Dan aku orangnya suka tantangan. Makannya, ketika aku mencari jawaban dari pertanyaan `Sebenernya aku tuh sukanya apa sih?` `Dan nanti ingin menjadi apa sih?`, aku justru memilih untuk mencoba semua hal baru namun tetap memiliki nilai atau hikmahnya. 

           Daaaaan,,,, Sejak datang ke Jepang, nyari makanan halal itu ternyata sulit. Ya, kalo di Kota Besar atau daerah wisata sih ada aja toko halal. Tapi, ini aku tinggalnya di desa dong. hahaha 
Alhasil masak sendiri. Trus, dulu kupikir asal makanan itu gak ada ingridient babinya, itu aman. tapi ternyata setelah kemarin beli buku resep2 makanan. itu ternyata ada mirinnya. Setiap masakan pasti ditambah mirin. Katanya sih untuk memperkuat rasa dan aroma. Yaaa... sedih deh. 
Tapi ya sudahlah. namanya juga pengalaman. haha..
dan sekarang, jangan khawatir. Sekarang aku lagi belajar masakan jepang, tapi gak pake mirin, wine atau hal lainnya yang tidak diperbolehkan oleh Islam ya. 
Dan inilah episode masak-masak ala aku hahaha.... ala anak kos jepang. 
Ayo yang anak kosan tonton ya?

Eh tapi hubungannya sama passion apa?
Ya, jadi menurut ku kalo kalian mau tahu passion kalian itu apa, kalian jangan takut untuk mencoba setiap hal. Hingga akhirnya kalian menemukan apa yang kalian sukai dan tidak lelah kalo melakukannya. Ketika kalian sudah menemukannya, tinggal kembangkan. Insya allah berkah .



Japan and Me

Hello guys, I am Nay. Living in Japan as a student. For me, Japan is a beautiful country. Me, as an Indonesian, was really amazed by Japan. there are many lessons that I can take from Japan. especially in a lifestyle.
Before I came to Japan, I have lived in several places, met some people from a different culture. I thought It was enough for me. I could learn anything from them and I believed that I would live well in Japan. But you know what? Many things happened here. I never imagined that it will be like that. and ya, it made me stress. I felt like I wanna go home.
till one year passed.
Nothing I got along that time. Till I got called from someone. She was my senior at University. She asked me to join the conference. Ya. International conference. But you know what? I never attended such an international conference before. I thought that I couldn't do it. Till I showed the conference by her. I felt relive or just getting up from sleeping, recharge my energy to face real life.

And Now??
I am trying to share what I have learned on Youtube.
,, Here it is


If you wanna know more, please visit my Youtube Channel.
Thank You


Merajut Langkah di Negeri Impian Part 1

6 Desember 2017 Lalu, aku menginjakan kaki di negeri impianku. Jepang. Tak pernah terbayangkan sebelumnya. Kalau mimpi itu akan menjadi nyata. Ya, bahkan aku masih teringat. Hari dimana aku dengan begitu lantangnya menjawab semua pertanyaan orang, "Aku mau ke Jepang!".
Hari berlanjut hari, bulan dan tahun pun tak sadar terlewati. Tak ada sinyal sedikitpun, kalau aku akan menginjakan kaki di negeri impian ini. Hingga akhirnya, aku pulang dari tanah rantauku yang paling jauh (pada waktu itu), dengan hati penuh rasa kecewa. Rasanya, Tuhan tidak adil padaku. Karena sudah hampir satu tahun, aku belum juga mendapat pekerjaan yang cocok dengan pendidikanku.
Dengan begitu tegarnya, orang tua menguatkan, "Sudahlah kamu tinggal di rumah saja dan jadilah guru di SMA dekat sini. Amalkan ilmumu." Kata mereka. Masih dengan perasaan angkuh, aku berpikir "Masa iya aku yang lulusan Hubungan Internasional hanya mengajar di SMA?".

Satu bulan, berlalu dengan cepat. Sedang aku masih dalam keadaan yang sama. Padahal aku ingin sekali membahagiakan orang tuaku. Hingga akhirnya, aku mendapat informasi dari teman bahwa di kampus ada seleksi untuk sekolah bahasa jepang di Jepang/. Tanpa ragu, aku pun mendaftar..

Dan.... You know what????

Setelah proses panjang, akhirnya aku dinyatakan LOLOS. Ya Allah. Aku bener-bener gak percaya. Tapi, lagi2.. Masalahnya ada di uang. Dengan penghasilan orang tuaku yang pas-pasan, aku bingung harus menyampaikannya gimana. Setelah kejadian dulu pas masuk kuliah, aku jadi mikir "Rasanya orang tuaku akan menolak sama seperti dulu pas aku mau kuliah". Hampir satu minggu setelah kelulusan, aku masih belum berani untuk bilang. Tapi mau bagaimana lagi, kalau aku bilang diakhir2 pas mau berangkat, mungkin mereka akan marah besar. Akhirnya, aku memberanikan diri untuk berbicara pada mereka. Jawabannya diluar dugaan, mereka mengiyakan. Namun ada satu hal yang sangat membuatku sakit. Karena aku tidak bisa berbuat apa2.

Tapi yakin, insya allah aku juga akan membahagiakan kalian seperti kalian membesarkan aku dengan kebahagiaan. 

4 Tahun Berlalu! Okaeri!

 Oh my God. Lama juga aku tak menyambangi laman ini. Postingan terakhir itu di tahub 2015 dan ini sudah 2019. Hampir empat tahun aku tidak menulis. Ya, tahun 2015 aku lagi sibuk dengan skripsi. Skripsi yang bener2 membuat gila rasanya. Bayangin aja, dosen kedua gak mau ngebimbing. Wkwkwk... Kalian yang sekarang semester akhir mungkin merasakan apa yang aku rasakan. 
well, tapi sudahlah. Masa lalu biar berlalu. Yang penting kan nilainya bagus. hahah/....

2016 aku lulus, trus lanjut PON & PEPARNAS di Jabar. Bener2 pengalaman yang sangat mengesankan bagiku. Meskipun sedikit tsurai. wkwkwk... Tapi penuh kenangan. November 2016, kegiatan itu selesai. Lalu aku meluncur ke kota impianku, Yogyakarta dan Pare. Sungguh luar biasa. Betapa indahnya nikmat Tuhan. Setelah sekian lama aku bermimpi untuk pergi ke Pare dan Jogja. Akhirnya terwujud di tahun 2016 ini. 

2017 aku masih di Pare, tapi bukan lagi sebagai pelajar melainkan pengajar. Padahal mah bahasanya juga masih belepotan. Tapi sungguh pengalaman yang menyenangkan bagiku. Dan tahu gak? di tahun 2018 ada apa?


Tahun 2018 akhirnya aku mencapai mimpi terbesar dalam hidupku. Yap... Jepaaaang!
Aku akhirnya belajar bahasa jepang langsung di negaranya. Sungguh luar biasa. Aku bener2 masih belum percaya. Setelah sekian lama (sejak SMP) aku bermimpi untuk pergi ke jepang, akhirnya aku mendapatkan kesempatan untuk sekolah bahasa disana...

Alhamdulillah... 

Oh ya... bagi teman2 yang mau tahu lebih lanjut tentang perjuanganku hingga akhirnya bisa mencapat apa yang aku mimpikan, boleh mampir langsung ke chanel youtube aku yaaaa... 
Jangan lupa subscribe yaaa....