It's Me!

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Belajar Buat Kalimat yuk?

Hai, hai teman-teman... Aku baru bisa menulis lagi setelah kemarin bergelut-gelut ria dengan kesibukanku. Sekarang aku menyempatkan waktu sedikit untuk sekedar berbagi kembali. Sekarang kita akan belajar buat kalimat.
ok?
Nah, kemarin itu kita kan sudah belajar beberapa pola kalimat ya? Nah, sekarang kita akan belajar menyatukan pola-pola apa saja yang sudah kita pelajari dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya. 
Hmmm... Aku mau bikin contoh, tapi cuma satu paragraf aja ya? Nanti silahkan teman-teman membuat kalimat sesuai dengan yang teman-teman inginkan!
jya, hajimemashou ^_^

(Waduh, miring gambarnya??? hahah gak papa ya? biar lihatnya jadi miring juga. Sensasi sedikit lah. hahah)

じゃあ、こんばんわ。。
はじめまして、これ は わたし の かぞく の しゃしん です。はい、わたし は ろくにん かぞく です。 わたし のきょうだい は さんにん います。 あに と ふたり おとうと です。あに は にじゅいっさい です。 おとうと は じゅさい です。 あに は うてんしゅ で くるま で はたらきます。 おとうと は しゅがっくせい で しゅがっこう で べんきょうしています。

hai, owarimasu... Selesai.
Hmm, temna-teman. Kira-kira satu paragraf ini cukup gak?
Sekarang ayo... Siapa yang dapat menerjemahkannya?
Gampang kan? Ini adalah pola-pola kalimat yang sudah digunakan pada pertemuan-pertemuan lalu.


Don't Give Up, Nay!

Hmm, kemarin baru saja aku membatalkan sesuatu yang menurutku peluang besar. Alasannya karena beasiswa yang saat ini aku terima mempunyai persyaratan untuk tidak menerima beasiswa dari yang lain. 
Awalnya sih, aku mau nekat saja. Tapi setelah dipikir beberapa ratus kali, akhirnya aku memutuskan untuk tidak mengambilnya saja. Padahal, semua berkas-berkas persyaratan sudah ada di tanganku. Tinggal Pasport saja yang belum.

Sempat sedih sih, karena negara itu merupakan salah satu negara yang pertama ingin aku kunjungi sebelum beberapa negara lainnya. Tapi sayang, heuheuheuheu :( jadi we teu sumanget kuliahna.
Tapi kupikir, sekarang bukanlah saatnya. Suatu saat nanti aku pasti akan menginjakan kaki disana. 

Tapi untunglah, aku hidup diantara ratusan orang yang hidup penuh dengan gelombang api kebahagiaan. Jadi meski sekarang aku tidak jadi memperjuangkan apa yang sedari dulu aku inginkan, semoga saja suatu saat tiba-tiba menghampiriku secara langsung (Amiiin).

SEMANGAT, SEMANGAT, WAJIB SEMANGAT NAY!

Minggu depan sudah mulai UAS, berarti harus belajar lebih keras lagi. 

*Ingat Nay! 
  1. Target satu tahun, Novelmu harus sudah beres!
  2. Tantangan dari Pak Reza, Nay! (So, terbitkan bukumu!)
  3. Exchange Student to Japan!
  4. S2 di JEPANG
Sok atuh kudu sumanget Nay, diajarna!
Inget tah target-target nu acan ka capai.
Inget KOMITMEN, Nay!!!

SEMANGAT, SEMANGAT, SEMANGAT!!!!!

Pekerjaan (lanjutan)

Hello.... 
Minnasan, ohayou gozaimasu..... :)
Jya, sekarang kita langsung lanjut aja yuk? Soalnya aku harus persiapan buat praktikum... Mohon do'anya ya ^_^

Hajimemashou.....
Kemarin kita udah belajar kosa kata tentang pekerjaan kan? This time, kita akan belajar pola kalimatnya ;

  1. ..。。。を やっています。(mengelola). Titik-titik ini diisi dengan kosa kata tempat. Misalnya, mengelola kafe (きっさてん を やっています), kemudian mengelola sawah (はたけ を やっています)、mengelola toko(みせ を やっています), dan lain sebagainya. 
  2. 。。。は。。。を やっています。Pola kalimat yang kedua ini digunakan untuk mengelola tetapi ditambah dengan subjeknya. Titik-titik pertama itu digunakan untuk subjek, titik-titik kedua diisi dengan tempat. Contoh : わたし は びよういん を やっています(saya mengelola salon), あに は かいしゃ を やっています。(kakak saya mengelola perusahaan)
  3. 。。。で べんきょうします。Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan belajar di....... contohnya: がっこう で べんきょうします(belajar di sekolah)、 うち で べんきょうします(belajar di rumah)
Ok, cukup tiga pola kalimat dulu ya teman-teman. Sekarang saya tambahkan kosa katanya :
おぼえって ください!
  1. ちゅがっこう = SMP
  2. しゅがっこう = SD
  3. こうこう = SMA
  4. よしえん = TK
  5. いちば = pasar
  6. かいしゃ= perusahaan
  7. ぎんこう= bank
  8. じむしょ=kantor
  9. だいがく=perguruan tinggi
  10. えき=stasiun
  11. はたけ=sawah
  12. こうえん=taman
  13. みち=jalan
  14. びよういん=salon
  15. びょういん=rumah sakit
  16. みせ=toko
  17. きっさてん=kafe
じゃ、おわります。
また あした

Rintihan hati

Hari ini hatiku bergetar, ntah gelombang apa yang membuatnya bergetar.
Seakan ada sebuah kabar menarik yang disampaikan burung pagi itu. 
Detik demi detik, getarannya bertambah dan terus bertambah. Aku heran dengan diriku ini. Magnet apa yang membuatku seolah terus menempel dalam relungnya. Ups, padahal kami seakan magnet yang berlawanan. Yang tak mungkin tuk bersatu. 

Tapi ya?
Hari itu, 
hari itu yang memaksaku untuk terus berada dalam lingkarannya. Hari itu pula yang mungkin memaksanya untuk selalu hinggap dalam hatiku. 

Hari ini ingin rasanya aku pergi jauh untuk mencari obat dari semua ini. Penyakit ini membuatku bersemangat untuk menata mimpi lebih tinggi. Tapi penyakit ini pula yang membuatku tak percaya pada semua pesona langit. Pesona langit yang bersungguh memberikan keindahannya untukku. 

Sekarang saatnya ku meluncur menghapuskan semuanya. 
Tapi nada-nadanya selalu hadir dalam setiap denyut nadiku. 
Aduh, Aduududuuuuhhhhhhhh.................
Ingin rasanya aku menjerit sejadi-jadinya., 
kalau lah Tuhan memberitahukan plotku sebelum aku menjalaninya, mungkin aku akan menolak secara halus. Aku akan menolak untuk dijumpakan dengannya, lebih baik aku berjumpa dengan matahari yang panas dari pada bertemu dengannya dan menyebarkan virus dalam hidupku. 
hahaha Bodoh sekali aku! Mana ada Tuhan memberikan plot cerita setiap insan sebelum ia dilahirkan?
Kalau seorang sutradara sih ya mungkin saja memberikan alur ceritanya kepada si pemainnya. Tapi? Yang ini mana bisa?

Tuhan, aku tahu ini yang terbaik darimu. Tapi aku mohon, jangan jadikan pertemuannya sebagai virus kehidupanku. Aku ingin hidup dengan nyaman tana penyakit. Aku ingin hidup tentram tanpa penyakit. 
Tuhan, engkau Maha Tahu apa yang sebenarnya kurasakan. 

Teman, aku menuliskan ini setengah sadar, mungkin sekarang aku terkena hipnotismu. Hipnotis yang membuatku tak bisa tertidur pulas disunyinya malam. Aku ?
Getaran hatiku?
Getaran hatiku teryata dibuat oleh magnet pengenalmu. 

Saat ini, aku mulai tenggelam dalam asmamu teman.

with love,
海路

Pekerjaan

Hallo teman-teman....
Aduh tak bosan-bosan ya kita terus bertemu. hee
Tapi tak apalah, ...
Saya juga hanya ingin membuka kembali catatan kecil saya about nihon. Siapa tahu bisa bermanfaat untuk anda. heheh

Ok deh, mari kita lanjut ke pembelajaran yang selanjutnya. Yaitu tentang pekerjaan......
Mari kita cari tahu kosa kata pekerjaan itu apa saja sih? (wew si nay. Banyak kali hehehe)

  1. せんせい= guru
  2. どろぼ= pencuri
  3. いいんかい=panitia
  4. しょうにん=pedagang
  5. にんようっかい=dalang
  6. りょうし=nelayan
  7. かんごふ=perawat
  8. いしゃ=dokter
  9. ぶんがくしゃ=sastrawan
  10. しょくいん=karyawan
  11. ぎんこいん=pedagang bank
  12. ぐんたい=tentara
  13. さっか=penulis
  14. だいとりょう=presiden
  15. はいしゃ=dokter gigi
  16. うてんしゅ=sopir
  17. のうか・のうみん=petani
  18. こうむいん=PNS
  19. きぎょうか=wiraswasta
  20. けいさつ=polisi
  21. スチュアーデス=pramugari
  22. パイロット=pilot
  23. しゅふ=ibu rumah tangga
  24. こうこうせい=siswa SMA
  25. ちゅがっくせい=pelajar SMP
  26. しゅがくせい=pelajar SD
  27. よちえんせい=pelajar TK
  28. だいがっくせい=mahasiswa
  29. しんぶんきしゃ=wartawan
  30. ほにゃくしゃ=penerjemah
waduhhhh...... Sebenarnya masih banyak niiiihhhh...... Tapi mending teman-teman cari aja sendiri di kamus ya. Sekarang mari kita bikin contoh kalimat ;
  1. わたし は だいがっくせい です
  2. あに は きょうし (せんせい)です
  3. はは は しゅふ です
  4. おとうと は しゅがっくせい です
  5. ちち は だいとりょう です
Lima contoh kalimat cukup ya...
Sekarang tinggal temen-temen bikin sendiri. Oh ya, hampir lupa. Untuk menanyakan pekerjaan biasanya memakai : おしごと は なんですか (pekerjaanmu apa?)
Jawabannya terserah pekerjaan temen-temen sekarang. Jya, Owarimasu (selesai). また あした。。。。。。。

Jadwal Bulan Ini

Wow, tak terasa sebentar lagi aku naik tingkat. heheh
Seiring berjalannya waktu, kini aku pun senang menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan. Now, ada beberapa kegiatan yang harus kulakukan bulan ini. Aku termasuk orang yang senang memanage waktu. So, this time to manage our time. hihuy....
(Hah, semoga bisa menjadi pengingat dan pemberi semangat selalu)
Let's start ::.

  1. Akhir mei (26/05/2012), tampil di makrab HI. hihihihi (Tari Saman)
  2. Persiapan buat acara Forum Lingkar Pena (Bedah Buku)
  3. Persiapan Edufest.... WAJIB RaDiv nay!!! Bagi-bagi PJ
  4. Audiensi sama 30 Universitas harus sudah beres
  5. Awal Juni (04/06/2012) go to Limbangan 
  6. 05/06/2012 watashi no tanjoubi. Kudu dewasa tah Nay!
  7. Follow up terus pemateri, pengisi stand beasiswa fair
  8. Ngisi materi kepenulisan
  9. Kaderisasi ASGAR MUDA
  10. Teruskan Novel 
  11. Cari Berita
  12. Nulis esay KIMM (tiap minggu)
  13. Baca perhari minimal 3000 kata
  14. Ikuti perkembangan issue dunia
  15. Baca teori HI (kan bentar lagi UAS-Juni)
  16. Baca Reading kit minimal 1 hari 5 lembar
  17. Perdalam tentang kepenulisan
  18. Belajar jadi trainer yang handal
  19. Learn english (practice Nay)
  20. Write, write and actions!
Udah ah, sampai sana dulu. Itu tugas selama akhir mei sampai bulan Juni.............

Good Experience

Wow, the Great Exprience!!!
hahaha
Betapa tidak??? Tasi pagi, ketika aku duduk-duduk manis mengotak-atik blog ini. Tiba-tiba ada seseorang yang menelpon. Biasanya sih, orang itu menelpon sekedar untuk mencari tahu kabarku saja. Tapi gila deh, sekarang ia menelpon untuk menyampaikan sebuah amanat dari ibu pesantren. Kupikir, ibu pesantren sudah lupa padaku. Ternyata tidak? hehehe
Beliau memintaku untuk mengisi materi kepenulisan.
"Astagfirulloh, angin apa yang membuat ibu pesantren tiba-tiba mengingatku untuk mengisikan materi itu"
Padahal, aku belum terlalu jauh mengenal dunia kepenulisan. Aku baru saja berkenalan dengan dunia kepenulisan. 

Benar deh, aku sangat terkejut dengan kabar itu. Aku bingung harus menyampaikan apa pada mereka. Oh ya, jika kalian tahu pesertanya itu adalah ibu-ibu. huhuhuh.... bingung sangat diriku. Mereka bukan mahasiswa, mereka adalah ibu-ibu rumah tangga. Bagaimana caranya aku bisa menerangkan semuanya ke ibu-ibu. Coba bayangkan ibu-ibu. heuhuehuheuh
(Gila ya si nay, saking shock-nya).

Ups, yang bikin aku gugup lagi, aku harus menyiapkan materi hanya 3 jam. Belum mikir tentang tema yang akan disampaikan, belum bikin power point nya. Adudududuh, hidup ini. hahaha

3 jam, teman! Hanya 3 jam saja. 
*sambil greget n gigit jari.

Tapi ya sudahlah, mungkin ini adalah jalan yang terbaik (hahaha kaya apa aja).... Maksudku, aku jadikan ini sebagai langkah awalku untuk bisa menjadi trainer hebat. hihihhi

Ok, selesai ya. Cerita ke-gregetanku.
Sekarang tiba saatnya aku harus menyampaikan materi tentang kepenulisan. Sempat tejadi nervouse. Bingung nyari kata-kata. Soalnya ini kan ibu-ibu. Bukan mahasiswa. Kalau mahasiswa sih, aku bisa lebay-lebay dikit. Tapi ini ibu-ibu dan ada juga nenek-nenek. 
Waktu terus berjalan, akhirnya aku bisa membawa suasana keibu-ibuan. hahaha (kan calon ibu).
Aku tampil seadanya sajalah, ntah mereka mengerti dengan semua yang telah ku jelaskan atau tidak. (Akupun yang membawa materinya bingung. hihihihi). Tapi ada rasa puas dalam hati, ketika melihat mereka antusias untuk menulis. Mereka bertanya tentang tulisan apa saja yang bisa ditulis, kemudian mereka juga cerita tentang ketakutan mereka untuk menulis. 
Ya, dengan ilmu kepenulisan seadanya. Aku coba menjawab semuanya semampuku. Sesuai dengan apa yang telah aku alami.

Ya, ini adalah langkah kecil Nay! Suatu saat langkah ini akan menjadi besar. 

Tetap PD dengan semua hal yang kamu punya hari ini. Dan harus kamu tingkatkan kemampuanmu ini
Be different, Nay!!

Semangat!!!
And Keep Writting........
:)


Syifaush-shudur, 18 Mei 2012

おいくつ ですか。(berapa tahun?)


Hai, hai teman-teman.
おげんき ですか。。。。。。。。。。。。。。。。
Waduh, bertemu lagi yo......... Hehe, lagi bersemangat nih. Mumpung tugas belum membanjiri area otak.hihihihi
Ok, kemarin kita kan sudah belajar tentang hitungan, juga hitungan untuk orang. Now, we will learn about our age.
Dari judulnya saja, kita sudah tahu ya??? Eits itu bagi yang tahu nay, bagi yang nggak "Apa itu?" heheh
Nah judul diatas itu artinya "berapa umur kamu?" Begitu teman-temang.

Sekarang mari kita mulaaaaaaaaaaaiiiiiiii............ :)
Untuk menanyakan umur, kita bisa pake kalimat ini ;
おいくつ ですか。
atau
なんさい ですか
begitu teman-teman. Tapi jawabannya bukaan dengan menggunakan bilangan-bilangan yang sudah kita pelajari kemarin. Tapi ada lagi..............
Ini dia (jengjreng).......

(ことし=umur)
  1. いっさい
  2. にさい
  3. さんさい
  4. よんさい
  5. ごさい
  6. ろくさい
  7. ななさい
  8. はっさい
  9. きゅうさい
  10. じゅうさい
Gimana? Gampang kan? Tinggal tambahin sai aja. Eits bukan saiang, tapi sai. Ingat "sai" aja.....
Begitu seterusnya tinggal tambahin sai aja. Tapi khusus untuk umur 20 tahun  itu adalah はたち , tapi untuk 21 dan seterusnya itu menggunakan bilangan biasa tambah sai. 21 (にじゅういっさい)

Yups, cuma gitu doank. Gampang kan????hehehe
Sekarang mari kita buat contoh kalimat.....
  1. はは は さんじゅうさんさい です。
  2. ちち は よんじゅうななさい です
  3. あに は にじゅういっさい です
  4. わたし は じゅうはっさい です
  5. おとうと は じゅうさい です。
Segitu cukup tak???
Ayooooo siapa yang tahu arti kalimat-kalimat diatas???
Cung siapa yang bisa memberi contoh? Kalau tak ada, ya sudah silahkan teman-teman coba bikin kalimat sendiri, kemudian terjemahkan.
Ok?

また あした。。。。。 sampai jumpa besok..... :)

Rejoinder of Me

Wah? Is Great!!!
Pagi ini, cuaca nampak cerah. Saat ku buka jedela mata, pancaran sapa mentari begitu sejukkan hati. Burung saling bersahutan seirama dengan nyanyian angin pagi. Indahnya, hidup ini.

Tapiiiiiiiiiii........ 
Waw, rasanya aku gila! Berbagai macam kata yang telah kau rangkai menjadi cerita semuanya telah kubaca. Hebat benar kau, kasih. Ups, teman maksudnya. hahaha
Saat ku baca kalimat demi kalimat, aku begitu terpesona dengan ceritamu tentang bintang. Betapa tidak? Aku dibuatmu yakin bahwa dirimu telah mempunyai bintang harapan (hahaha sedih!!!). Tapi ya, tak apalah.. Setidaknya itu menjadi pengobat hatiku (meski sebenarnya aku sedih). 
Aku tahu, Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik. Dan mungkin ya, inilah yang terbaik bagiku. (Apa cenah?)

Inilah jawaban dari hatiku........

"Dari lubuk hati yang paling dalam, aku memang mengharapkan datangnya sang bintang terindah dalam hidupku ini. Tapi, hanya Tuhan yang tau, bintang mana yang paling terindah buat hidupku kelak. Kemarin, baru saja kubaca cerita singkatmu. Aku yang dulu sempat menaruh hati padamu, mungkin haruslah kuhapus juga. Berat sih? Tapi ya, dari pada aku menjadi mawar yang tak pernah disinggahi oleh kumbang impiannya lebih baik aku melayu saja. 
Oh, ya. satu cerita singkat yang harus keu dengar sebelum aku melayukan diriku....
Kemarin, saat kubaca surat darimu. Sempat kupikir, mungkin akulah bintang harapanmu. Tapi setelah kubaca lembar berikutnya, kupikir memang bukan aku. hahahah 
Terlalu GR ya? :P
Aku sempat tertawa akan suratmu itu, karena kau begitu memuji-muji surat dari "nya" yang entah surat dariku atau bukan? hahaha 
Saat membaca kalimat-kalimat itu, diriku kembali mekar laksana mawar yang baru saja disiram. 
Aku juga tertawa karena tingkah kita yang seperti pemuda zaman dulu. Saling berbalas surat. Padahal seiring berkembangnya zaman, sekarang surat jarang sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang sudah ada HP, E-mail dan lain sebagainya. Jadi tak perlulah surat menyurat. hahaha
Tapi inilah keunikan kita, keunikan yang mungkin kan berakhir sampai sini saja. Sampai detik ini saja. Karena sekarang aku telah mengetahui keadaanmu yang sekarang. Terima kasih ya telah membuat hidupku bahagia. Terima kasih telah hinggap di alam bawah sadarku. Terima kasih telah menjadi seseorang yang mampu membangkitkan keberanianku untuk bermimpi lebih tinggi. Terima kasih, terima kasih dan terima kasih. Kuharap, kau membaca tulisanku ini. Meski hanya sekedar coretan tak bermutu, tapi kuharap engkau tahu akan hatiku yang sebenarnya. :)
Terima kasih cinta, 
dan kini aku siap menggugurkan diriku.


Terima kasih cinta, semoga kita dipertemukan di syurga sana. Selamat tinggal, kuharap kau bahagia disana"


*@Kamar tercinta-Jatinangor
-_-

Menulis itu Obatku

Write, write and action!
"Mungkin hanya, lewat lagu ini akan kunyatakan rasa cintaku padamu, rinduku padamu tak bertepi"
Pagi-pagi udah nge-galau. wkwkwkw
Tapi biarlah......
Obat stres ya kan?

Menulis?
Bagiku menulis merupakan sebuah obat yang manjur untuk menghilangkan rasa stres.
Aku menuliskan untaian kata ini, semata hanya untuk menghilangkan rasa stres serta kebosananku terhadap dunia. Dunia yang penuh dengan kebohongan. Lebih baik aku hidup dalam sebuah dongeng dari pada aku hidup di dunia yang sebenarnya tetapi seakan menjadi panggung bagi mereka aktor cerita. 

Hidupku memang labil. Wew apa itu labil? haha

Dengan menulis, semua hal yang menjadi belenggu dalam benak ini seakan menghilang tanpa jejak. Write, write and write..... Menulis itu bisa menjadi obat ketika kita menuliskan semua hal yang berbau positif. Namun ketika kita menuliskan sesuatu hal yang bersifat negatif maka tulisan itu tidak akan menjadi obat. Yang ada tulisan itu akan membawa kita kembali kedalam plot yang negatif. 
Seharusnya, bila kita sedang berada dalam keterpurukan, maka yang dituliskannya itu bukanlah hal-hal yang negatifnya. Tetapi kita harus mengambil terlebih dahulu akan manfaatnya. Dengan demikian, ketika kita membaca kembali tulisan kita, maka kitapun akan terobati dengan tulisan-tulisan itu. 

Aku juga menemukan hal ini ketika aku menuliskan semua hal yang aku alami semuanya. Dan memang benar, ketika aku menuliskan hal-hal yang negatif dari pengalaman hidupku, maka secara otomatis ketika kita kembali membaca tulisan itu, kita akan dibawa kembali kedalam plot yang negatif sehingga membuat kita merasa terpuruk kembali. Namun sebaliknya, ketika aku menuliskan hal-hal yang positif dari semua pengalamanku maka yang dibawakan oleh tulisanku itu adalah aroma positif yang membawa ketentraman.

Biasanya, aku menulis untuk orang lain. Bukan untuk diriku sendiri.
Karena aku ingin orang lain tahu, bahwa hidup ini penuh dengan warna serta hikmahnya.


Hitungan untuk Orang

みんなさん、こんばんは!!
Nah, kemarin kita udah belajar kazoku kan? Sekarang mari kita lanjutkan pembelajaran kita ke hitungan orang.
はじめましょう。。。。


Ups, aku lupa.
Teman-teman belum belajar tentang hitungan ya?
Ya udah, sebelum kita masuk ke hitungan untuk orang mari kita belajar tentang hitungan terlebih dahulu.......

  1. いち
  2. さん
  3. し/よん
  4. ろく
  5. しち
  6. はち
  7. きゅ
  8. じゅ
  9. じゅいち
  10. じゅに
  11. じゅさん
  12. じゅし
  13. じゅご
  14. じゅろく
  15. じゅしち
  16. じゅはち
  17. じゅきゅ
  18. にじゅ
  19. にじゅいち
  20. にじゅに
30. さんじゅ 
40. よんじゅ
100. ひゃく


Nah, udah tahu kan?
Atau masih juga bingung???
Ayooo... nanti kalau teman-teman sudah hafal bilangan diatas, bisa langsung belajar kesini.......heee
Ini adalah hitungan untuk orang.


  1. ひとり
  2. ふたり
  3. さんにん
  4. よんにん
  5. ごにん
  6. ろくにん
  7. ななにん
  8. はちにん
  9. きゅにん
  10. じゅにん
Yupz itu adalah hitungan untuk orang. Jadi kalau misalnya ditanya seperti ini  なんにん きょうだい ですか(berapa bersaudara). Maka jawabannya adalah  さんにん です (3 orang).
Kyoudai wa nannin imasuka (berapa saudaramu), jawabannya tergantung kalian ya, punya saudara berapa. cuma yang membedakan pertanyaan satu dengan yang nomor dua itu adalah kalau yang pertama itu menanyakan keseluruhan (termasuk kamu), kalau yang kedua itu hanya bertanya jumlah saudara kamu.
Ayoooo.... hafalkan ya????
Gampang kok, untuk bilangan selanjutnya tinggal ditambahkan にん。


Pasti ada yang kurang.
Kalo ada yang tidak mengerti silahkan tanyakan.

......

Aneh, apa yang orang lain sirikkan dari aku?
Aku tak punya apa-apa bahkan  aku tak bisa apa-apa.
Aku hanyalah orang yang mungkin tak tenang berada dalam lingkaran. 
Aku selalu ingin pergi keluar lingkaran itu.

Setiap hela nafas yang kuhembuskan, rasanya tak pernah mengganggu kalian.
Aku heran dengan kalian.
Dari dulu, aku menghormati kalian, tapi inikah balasan kalian untuk hidupku?
Hanya karena aku keluar lingkaran, kalian langsung mengadu dombakan aku padanya?

Apa yang sebenarnya kalian inginkan?
Sumpah, aku heran dengan tingkah laku kalian padaku.

Padahal ketika derbu ombak menghantam,
aku tetap tegak dalam barisan
tak seperti orang lain yang langsung mundur
tak seperti orang lain yang langsung kabur.

Aku bingung dengan kalian,
padahal tak pernah rasanya aku mengganggu hidup kalian
tak pernah aku mengadukan sesuatu yang bodoh dari kalian
tapi ini balasannya?

Kawan,
aku hanya ingin hidup diluar batas kemampuan orang
aku hanya ingin hidup lepas
aku hanya ingin mencium bau luar

Jikalah kalian tahu,
mungkin sebenarnya aku takkan berdiri kokoh 
takkan mampu bicara lantang
takkan mampu bertingkah tegas tanpa keluar dari lingkaran kalian

Jikalah kalian tahu,
mungkin aku takkan pernah lepas dari jeratan bisu
jika aku tetap dalam belenggu kalian
jika aku tetap dalam daerah kalian

Satu hal yang mesti kalian ingat!
Aku berbuat seperti ini, karena aku ingin mengembangkan kalian
Aku berani nekat seperti ini
demi kalian!!!

Tak percaya?
Sudahlah, mungkin benar kalian takkan percaya
Kalian takkan percaya pada pembangkang kalian ini
kalian takkan percaya pada tekadku ini

Tapi satu hal yang harus kalian tahu!
bagaimanapun caranya, aku akan membuat kalian percaya!
Bahwa sesungguhnya bisu itu 
adalah satu jalan menuju ketertinggalan

So, bisulah jika kalian ingin tertinggal !!!



Salam rindu dari pembangkang kalian, 

Nayza El Syekia

Lesson 4 (かぞく)

Hallo teman-teman.... 
おげんき ですか。 
Wah, sudah lama rasanya saya menyentuh kabar dari para penggemar nihon. hee
Ok deh, mari kita lanjutkan pembelajaran kita kemarin. Kemarin kita baru sampai nyanyi ya? tapi sayang temen-temen pasti belum tau nyanyinya seperti apa? Waduh saya belum sempet merekamnya. he
Maaf ya, nanti deh saya kasih tau. 
Ok sekarang kita lanjut ke materi selanjutnya, sebelum kita mengenal kata kerja golongan pertama, kedua, ketiga maka kita belajar dulu beberapa kosa kata serta kita akan belajar tentang かぞく (keluarga).
Let's start to learn....................... :) 

かぞく

nyanyi lagi yu??? (hahaha si nay sukanya nyanyi terus :P )
Pake lagu balonku ada 5 ya... :)
ちち、はは、いもうと
あに、あね、おとうと
おじ、おば、そぼ、そふ
わたし の かぞく

おとうさん、おかさん
おねえさん、おにいさん
いもうとさん、おとうとさん
あなた の かぞく

yee...... Hebat!!!
Nah, udah ya nyanyinya. Sekarang mari kita belajar.
Teman-teman, biasanya di Jepang itu sebutan untuk keluarga kita dengan keluarga orang lain itu berbeda. Misalnya seperti ini はは itu digunakan untuk memanggil ibu sendiri. Tetapi untuk memanggil ibu orang lain itu adalah おかあさん。
jya, sebelum kita lanjut mari kita terjemahkan dulu.
keluarga sendiri :ちち=ayah、はは=ibu、いもうと=adik perempuan、あに=kakak laki-laki、あね=kakak perempuan、おとうと=adik laki-laki、おじ=paman、おば=bibi、そぼ=nenek、そふ=kakek
Keluarga orang lain : おとうさん=ayah、おかあさん=ibu、おねえさん=kakak perempuan、おにいさん=kakak laki-laki、いもうとさん=adik perempuan、おとうとさん=adik laki-laki、おじいさん=kakek、おばあさん=nenek、おじさん=paman、おばさん=bibi.
Nah, seperti itu. Oh ya teman-teman jangan tertukar ya! Soalnya disini ada ojiisan sama ojisan, kemudian ada obasan dan obaasan. Ingat itu berbeda lhoooo...........

Ok, cukup nggak segitu?

Sekarang kita mulai mencoba ke pola kalimat.
  1.  ......は.......が います
    (います, imasu atau yang biasa kita baca imas ini mempunyai makna ada. Tapi ada untuk benda hidup. Tetapi kadang juga sering diartikan mempunyai). contohnya nih ya, ねこ が います(ada kucing/mempunyai kucing), kemudian わたし は こいびと が います(saya punya pacar), そぼ は うま が います (nenek mempunyai kuda), あに は いぬ が います(kakak mempunyai anjing), dll.
  2. Sekaraaaaaaaaaannnggggggg........ Coba siapa yang bisa bikin contoh????
    :)



Bangun Nangor Kita Yuk????

Setiap hari, aku pergi ke kampus berjalan kaki dari kosan sampai ke fakultas. Disetiap jalan yang kulalui, aku melihat ada beberapa orang yang duduk di pinggir jalan. Menunggu belas kasihan dari setiap orang yang melewatinya. Tergoyak hati ini. Kupikir, aku yang sekolah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik haruslah membangun sesuatu untuk mereka. Namun untuk melakukannya aku perlu teman. Adakah orang yang ingin membantuku?

Jika teman-teman merupakan mahasiswa UNPAD, pasti teman-teman akan melihat kisah yang sama setiap hari. Adakah rasa simpatimu wahai teman??? Setiap hari kita menyaksikan beberapa kakek dan nenek bahkan anak kecil yang duduk untuk meminta belas kasihan dari setiap orang yang melewatinya. Bayangkan , SETIAP HARI DENGAN ORANG YANG SAMA kita bertemu!!! 

Aku ingin membuat sebuah perubahan, aku ingin mereka hidup dengan layak tanpa mengandalkan belas kasihan orang lain. Aku ingin mereka hidup lebih baik. Mari generasi muda, kita ciptakan sebuah pembaharuan bagi mereka. Kita ciptakan sesuatu yang besar bagi mereka. Kita ciptakan sebuah kegiatan bagi mereka. 

Hayu atuh warga nangor!!! 

Saya punya sebuah program untuk mereka (para penghuni jalan)yang bertujuan supaya mereka lebih mengetahui arti hidup yang sebenarnya. Programnya (ini secara garis besarnya, kalau ingin lebih detail mangga kontak saya. Nanti akan saya kirim lewat e-mail), kita mendirikan sebuah rumah kreasi. Di dalamnya nanti ada berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan rohani (kegiatan ini bertujuan agar mereka mengerti bahwa apa yang mereka lakukan setiap hari itu salah), membuat kerajinan tangan yang cocok bagi mereka (membantu ekonomi mereka dan supaya mereka tidak usah lagi mengerjakan hal seperti itu), serta beberapa kegiatan lainnya. Jadi isinya tak hanya mereka para orang tua, tetapi anak-anak juga. Untuk anak-anak yang suka menjajakan jajanan keliling kampus, kita bisa mendirikan sekolah gratis untuk mereka. Atau kita buat mereka menjadi lebih kreatif dari itu. kalau ada ide lain? Mangga langsung kontak saya di fb : Nayza El Syekia, twitter : @sri_nay , e-mail : nayza_sd@yahoo.com atau bisa langsung bertemu dengan saya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. MARI BANGUN INDONESIA MULAI DARI HAL TERKECIL!