youtube: Naiko Chanel

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Perjalanan Goresan Pena Pertamaku (Part 1)

Jreng jreng jreng...
Kali ini aku ingin menceritakan susah payahku dalam membuat novel. Ya, ini baru perjalanan awal. Targetnya pengen terbit di bulan kelahiranku. 

Hmm... Bismillah....
Ya, ini adalah kali pertamanya aku membuat novel. Biasanya aku hanya nulis cerpen dan berita-berita laporan alias news.. hehe.. Aku memang tertarik pada dunia kepenulisan sejak aku SD. Dan semakin menjadi ketika aku mulai naik ke kelas 3 SMA. Soalnya dipaksa bikin tulisan, review nove, cerpen, puisi dan lain sebagainya. ahahaha
And then, setelah ke Perguruan Tinggi.... Kan udah dapet laptop sendiri tuh. Nah, akhirnya akupun mulai terjun ke dunia kepenulisan. Awalnya terjun menjadi reporter lepasan. Tapi ternyata, karena aku domisili di tempat kuliahku, akhirnya aku hanya meliput kejadian disekitar saja. dan itupun kalo ada kaitannya dengan kota kelahiranku. Ya, maklumlah,,, aku berkecimpung di dunia berita daerahku sendiri. 
Ehm, setelah itu.... aku lanjut terjun ke FLP alias Forum Lingkar Pena. Dan sebelumnya juga aku sudah aktif di dunia kepenulisan lainnya. Hingga 2 cerpenkupun terlahir kedunia. hehehe... Tapi, rasanya aku tidak puas dengan cerpen. Aku ingin menulis novel. Dan akhirnya mulailah menulis novellll.....
Hehe.... mau tau cerita perjalanan pembuatan novelnya? Ikuti aja blog ini.... hehe Karena mulai dari sekarang, aku ingin berbagi pengalamanku tentang menulis novel dari awal hingga ke penerbitannya. 

And, here we go!

Bermula dari stres, akhirnya menjadi untaian kata. Dan hari ini merupakan hari ke-3 ku untuk menyusun sekaligus mengedit bakal calon novelku tercinta. 
Selama beberapa hari ini, kendala yang kualami hanya rasa malas yang selalu menggelitik hati, mengajakku untuk bermain bersama dan meninggalkan pekerjaanku yang sebenarnya. Malas itu rasanya sulit diperangi. Berbeda ketika aku bersama dengan seseorang yang sedang aku kagumi, maka rasa malas itu tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Aku bingung, harus mengusir rasa malasku dengan cara seperti apa. Karena beberapa cara sudah kutempuh. Tapiiii aaahhh...
But, back to the "niat".hehehe... aku yakin ketika niat itu kuat maka semua jalan akan keluar kemudian rasa malaspun akan mereka perangi sampai habis.

Bersambung...

Buruk hari ini, bukan berarti buruk di masa depan!



"Ya, aku tahu. Ini semua memang salahku. Ini semua karena keegoisanku. Ini semua karena aku terlalu memanjakan keinginanku yang tak seberapa. Ini semua terjadi karena ulahku. Ulahku sendiri. Ya, ini semua karenaku! hks..hks..hks..." 

Aku terdiam meratapi semuanya. Bingung, resah, dan takut. Rasanya hidup ini seakan roboh dihantam massa yang begitu berat. 

"Ya Tuhan, apa yang harus kulakukan?" Pikirku. 

"Selalu saja. Ada ujian yang seperti ini. Tapi, aku rasa ini bukan ujian, tapi ini balasan dari perbuatan diriku sendiri. Aku yang selalu alfa dengan semua kebodohan, akhirnya mendapatkan balasannya. Ya, terkadang aku bangga. Karena itu memang hasil dari kerjaku sendiri. Dan aku yakin, kegagalan hari ini bukan berarti gagal dimasa depan." sambungku sambil mengutik-ngutik laptop yang tepat berada didepan wajahku. 

Perjalanan masih panjang. "Buruk hari ini, bukan berarti buruk di masa depan!"

Ya, perjalanan masih panjang. Lagian kekuksesan itu memang tergantung pada diri orangnya sendiri. Apakah mereka mau sukses atau nggak? Ya, itu terserah dirinya sendiri. Benar, kan?
Sekarang, ketika kegagalan itu datang menghampiri. Itu tandanya, kamu kurang bersyukur terhadap apa yang kamu dapat sebelumnya. Oleh karena itu, Alloh memberikan peringatan kepada kita. Percaya atau tidak? Aku pasti selalu percaya. 
Sebelumnya aku mungkin kurang bersyukur terhadap apa yang aku dapatkan. Hingga akhirnya, Alloh pun memberikan peringatan padaku. Dengan beberapa kegagalan dititik sebelumnya, supaya aku berpikir dan lebih mensyukuri nikmat yang telah Alloh berikan. Aku sadar sekarang, kenapa ujian ini selalu datang melanda. 

ahhhh sudahlah, tak ada gunanya lagi menyesal
kini tinggal perbaikan diri aja..... Aaaaarrrrh

Semester baru!

Huuuuuu..... Sembari nunggu nilai keluar, pasang target baru ah!
Semester ini luar biadab banget, ups salah.... maksudnya luar biasa banget. Luar biasa pusingnya, luar biasa sengitnya, luar biasa stresnya, dan luar biasa semuanya. heuheuheu... Banyak hal yang terjadi di semester ini. But, aku tidak ingin melakukannya lagi.... Hah, cukup sekali deh. Sumpah bikin stres banget. Dan semoga semester depan lebih beruntung. 
Hmmm... Kalo dilihat sepintas, nilai yang baru keluar itu begitu mengejutkan. Entah bagaimana ceritanya, perasaan aku belajar lumayan baik deh. Sampai temen-temen sekosanku udah bilang pusing lihat aku didepan laptop terus. Bahkan mereka sampai bilang aku autis coba. heuheuheu... Tapi, nilai yang aku bayangkan tidak sesuai dengan apa yang kulakukan. :'(

Tapi sudahlah, yang lalu biarlah berlalu. Biar kita susun rencana berikutnya.

Semangat semester baru! yeyeye... (sambil keprok)
Semester ini, harus ambil sks ke atas lagi (ya, kalo sksnya cukup. Hmm semoga cukup ya Alloh)...
Target semester 4 itu sudah ditempel dikamar kosan,,, aku tak begitu hafal dengan semua targetku. Karena sekarang lagi di rumah. Tapi salah satunya adalah IPK tahun kedua ini harus lebih dari 3,25. Soalnya biar bisa ikut SAT ke atas. Becouse, rumornya sih nggak bakalan ada SAT kebawah... Sedih kan? hihihihi
Makanya harus belajar lebih giat lagi. hehehe
Kedua, exchange. Karena aku ingin menyempurnakan tulisanku.hihihi
Terus apalagi ya? banyaklah lumayannnn...
Semoga targetnya tercapaiiiii
Dan jangan sampai menyesal lagi seperti sekarang. Ok!

Hah, tak teraasaaaa ya? udah mau semester 4 lagi. huhuhuu Padahal serasa baru kemarin masuk. hihihi.... Terlalu menikmati hidup hingga akhirnya waktu terasa cepat berlalu.

The Super Programs!

Hmm... Ye ye ye... Nyampe juga di Garut!
Ahh betapa capenya hari ini. Cape hati dan cape fisik. Cape hati, ya karena lagi-lagi aku bertemu dengan polisi yang berbicaranya kurang mengenakan. Seakan tidak belajar sopan santun aja. Kan harusnya ia mengayomi masyarakat. Tapi kalo kayak gitu mah malah bikin masyarakatnya benci.
Hahhh syudahlah, tak ada gunanya juga aku menulis disini. 

Lebih baik aku bernyanyi saja... 
"Jalalilalila, jalalilalilaaaaaaa..... Anata no tame ni, mamori toshita" Ups, tiba-tiba aku ingat kegiatan kemarin. heuheuuuu... Sumpah nyesel banget deh nggak datang di hari pertama. :(

Jaadi gini ceritanya, kemarin itu ada acara Pelatihan Perencanaan Keuangan Masyarakat atau PPKM yang diselenggarakan oleh Asosiasi Alumni HICD-Prestasi Amerika-Indonesia [ALPHA-I]. Dengan penuh semangat, aku pergi pagi sekali dari Garut. Becouse kuliah kan udah libur. hihihihi...
Tapi tetep aja telat, gara-gara nggak ada orang yang nganter aku dari rumah ke jalan rayanya. heuheuheu Sampai disana itu sekitar jam 09.00 A.M., telat sekitar satu jam dari jadwal registrasi. And then, di tempat registrasi pulpen yang aku pake itu copot, coba? ahahaha... Aku nggak tahu kenapa bisa copot tuh pulpen. Hadah, udah kaya di acaranya si komeng dulu dah itu mah. Dan sumpah deh, malu banget. Akhirnya untuk menutupi maluku, aku bilang aja "Terlalu semangat,Pak". Mereka yang disanapun tersenyum.

Kemudian, setelah registrasi kami pun dipersilahkan masuk. Kemudian duduk di barisan kedua sebelah kiri sambil menggigil karena kedinginan. Aku lupa tidak membuka jaketku yang basah karena keujanan. hihihihi... Dasar si Nay...
Dengan duduk manis, aku memperhatikan para presenter yang sedang bercuap-cuap membuka acara itu. "Hmm syukurlah, baru dibuka oleh MC ternyata. Belum dibuka resmi" Pikirku. So, its mean belum terlalu terlamabaaaaattttt...... yeeeee (Sorak dalam hati). 
Detik demi detik aku pergunakan dengan baik. Tak pernah aku berpaling pikir ke yang lain. Aku tetap fokus pada materi, ups! Dibilang materi, nggak terlalu ke materi-materi banget sih. Tapi disertai dengan simulasinya juga. So, apa ya? Hadahhh penulis mendadak blank ternyata teman-teman. ahahaha.... Ya sudahlah ya? Aku panggil aja, materi super menyenangkan deh. hihihi
Disana kami dikelompokkan menjadi enam kelompok. Dan ternyata, aku bertemu dengan orang-orang konyol yang paling hebat seantero,,,,,,,,,,,,,,,,,, ruangan itu. hihihihi (Just kidding teman-teman). Hmm... Ya ya apalagi akang siapa ya (Oh Tuhan, lupa aku). Pokoknya anak Agribisnis. Dia kocaknya minta ampun. Ditambah dengan Indri Handayani (Punten kalo salah nulis), yang tahu dengan semua jenis iklan. Sampai iklan kozui pun dia tahu. Apalagi iklan pure it, sampai kata-katanya juga dia peragakan. ahahahaha... Sumpah kocak deh. Temen-temen yang dari SMA pun, yang awalnya hanya diaaaammm saja. Dengan terpaksa (mungkin), akhirnya mereka juga membuka mulutnya. Ups sorry ya? kidding, kidding. hihihihi....
Sumpahlah, nyesel banget nggak datang dari awal. Eh, maksudnya nggak datang di haru sabtu. Kan kalo datang di hari sabtu, aku bisa bercacap-cuap di depan semuanya. Ahahahah... Maklum hobi ngomong juga (presenting). hihihihi... Dan akhirnya, aku luapkan dengan lebih aktif di acara itu. Hingga ketika si MC bilang, siapa yang punya uang paling sedikit dikantongnya. Aku berani mengacungkan tangan. ahahaha Karena uangku tinggal Rp 200,- lagi. huhuhu... Pasti nggak percaya ya? Tapi benar! Lihat aja sini!
Hal itu dikarenakan aku jarang menyimpan uang banyak di dompet. Paling untuk seperlunya aja. hihihi... Dan dengan demikian, akupun diperkenankan untuk berbagi pengalamanku tentang pengelolaan uang. Yang meski terkadang kekurangan. hihihi... 
Suasana kelompok semakin cair dengan permainan di setiap sesi yang menyuruh kami untuk berdiskusi. Dan di sesi tebak iklanlah, kozui pun keluar. ahahaha Ya kan Indri???
Heuheu... 
Pokoknya keren bangetlah ni acara!
Terima kasih ya Pak Safik, teh Resya, kang Teddy, kang Yudi, mbak Endah, dan semuanya. ....
Semoga kedepannya saya yang menggantikan bapak dan ibu sekalian!!! Amiiinnn....

Aitakatta "....."

Selamat malam teman-teman...
Hari ini aku ingin menulis banyak. Tapi entah apa yang mau kutuliskan. Aku hanya menuruti keinginan jemariku yang terus bergoyang diatas keyboard netbook kesayanganku ini. 
Tahun ini, aku tidak mengikuti kegiatan di paguyuban karena ada beberapa hal. Akhirnya, aku hanya duduk di rumah menatap monitor dengan degup jantung yang kencang menanti nilai yang keluar. Tahun lalu, aku bisa menghapus kegugupanku melalui interaksi bersama teman-teman di SMA dan sekedar berbagi cerita. Ya, cerita mereka beragam. Ada yang bingung mau kuliah dimana, bingung untuk kerja dimana, acuh tak acuh dengan omongan kami. Akhirnya, akulah yang menjadi model percontohan humor didepan kelas. Ya, dari pada mereka bingung menatap kami yang sibuk dengan obrolannya. Kupikir lebih baik berhumor sejenak. hiihihihihi

Aaaahh, bingung! Apalagi ya, yang harus kutuliskan?

Zzzz... Ya sudah, mending kita bernyanyi.... Tapi, nyanyi apa ya? hmm... zzzzz... 
Aha! *tunjuk tangan dipinggir telinga*
Berhubung lagi bingung mau nyanyi apa, mending nyanyi "temo demo no namida"-AKB48....

  furi hajimeta hosoi ame ga
    giniro no donchou wo
    orosu you ni
    maku wo tojita
    sore ga watashi no hatsukoi

    machibuse shita
    futatsu me no roji
    koe mo kakerarenai mama
    shita wo muitara
    ajisai mo naiteita

    konna ni aitaku temo
    konna ni suki demo
    me no mae wo toori sugiteku
    soredemo koushite
    anata wo miteiru
    kono basho kara
    konna ni aitaku temo
    konna ni suki demo
    furimuite sae mo kurenai
    kasa sashiteru no ni
    hoo ga nureru no wa
    dou ni mo dekinai
    temodemo no namida

    hitori kiri de aruki dashita
    setsunasa ga nokoru michi
    kokoro no naka
    mayoi konda
    dare mo shiranai itoshisa

    ame ga suki na
    kono ajisai wa
    hareta hi ni wa me wo tojite
    tooi amagumo
    omotteru no deshou ka?

    donna ni kanashiku temo
    donna ni dame demo
    onnanoko no mama isasete
    anata to deaeta
    kioku no ashiato
    wasurenai wa
    donna ni kanashiku temo
    donna ni dame demo
    itsu no hi ka omoidasu deshou
    watashi no negai ga
    kanawanaku tatte
    kagayaki tsutzukeru
    temodemo no koi yo

    konna ni aitaku temo
    konna ni suki demo
    me no mae wo toori sugiteku
    soredemo koushite
    anata wo miteiru
    kono basho kara
    konna ni aitaku temo
    konna ni suki demo
    furimuite sae mo kurenai
    kasa sashiteru no ni
    hoo ga nureru no wa
    dou ni mo dekinai
    temodemo no namida


yeeeee.... *tepukTangan
Hmm... watashi wa totemo suki desu. ay! suka bangetlah ama nih lirik, selaras sama nasibnya (ups) hihihi....
Jadi kangen.... and aitakatta! heu -,-
keunlah sama2 berjuang... 

How about Chibi Mruko Chan

Masih ingat dengan lagu chibi maruko chan nggak?
hihihihi
Kita nyanyi bareng yuk sembari nostalgilaaaaa....

one, two, one, two, three....
Hal yang menyenangkan hati banyak sekali
bahkan kalau kita bermimpi
sekarang ganti baju
agar menarik hati, ayo kita mencari teman!

Jalan panjang menuju langit biru,
tiba-tiba kulihat seorang anak
yang menemukan harta karun didalam sana
alangkah senang dan hati gembira

wangi angin, padang rumput disore hari
sampaikan salam gembira

hal yang menyenangkan hati banyak sekali
bahkan kalau kita bermimpi
sekarang ganti baju
agar menarik hati ayo kita mencari teman!

yeeee..... Gimana? Cukup senang nggak? Hmm... Dengan menyanyikan lagu ini, aku jadi senang sekaligus sedih. Becouse, zaman sekarang tuh kagak ada yang beginian lagi. Biasanya, waktu kecil aku itu selalu menunggu hari minggu. Karena setelah selesai belajar di sekolah, aku juga tentunya ingin liburan dong. Ya, liburannya dengan menonton film kartun. hehehe
Film yang paling aku tunggu itu adalah film doraemon, chibi maruko chan, sama apa ya? lupa judul..hihihi
Sayang, sekarang sudah jarang. Tidak semua stasion tv menayangkan film kartun untuk anak-anak. Alhasil, anak-anak yang sekarangpun seperti itu. Kalau ditanya lagu "bintang kecil" mereka nggak bakalan tahu. Tapi kalo ditanya lagu cherribele atau koboy junior, udah ahli deh mereka. 
heuheuheu
Miris banget deh.
Well, mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu masalah. Tapi apa yang akan terjadi, jika mereka menonton tayangan-tayangan TV yang bukan untuknya. Bagaimana nanti karakter mereka? 

Pandangan Pertama

"Batik, batik, membatik
aku suka membatik
batik ini, batik itu
banyak sekali" 
*sambil nyanyi ala theme song doraemon*
Ya, bicara tentang batik. Aku jadi inget masa-masa SMA dulu (wow, berarti sekarang sudah tua, ya? ahahhhaha). Eits, nggak dong!
Aku hanya ingin bercerita tentang awal hidupku mencintai batik. 
Well, dengerin ya? Eh, salah. Baca baik-baik ya? hehe

Ceritanya (still SMA.ahaha), guru aku yang paling ceke (eh salah ngetik), kece maksudnya. hehe Sory sory, matanya lagi agak gangguan. ~back to the laptop~ Dia ternyata jago sekali membatik. Ya, masa nggak ya? orang dia guru seni budaya aku. hihihi... Aku emang paling interest banget kalo sudah dia gurunya. Pasalnya dia guru yang (sumpah deh) kreatifnya minta ampun. Hmm... Her name is Euis Komala Sari (Maaf ya bu, kalo salah nulisnya. haduhhh rada lupa-lupa ingat ini teh. hehe). Waktu kelas satu, aku belajar buat klay sama apa ya namanya itu, lupa[dot]com. Pokoknya nempel-nempel gitu da namanya tuh. (aduuhhhh, ibu maafkan aku. rupanya aku bukan pengingat yang baik :( ).

Well, no problem. 
Nah, dari sanalah aku suka dia. And then, kelas dua kami bertemu lagi. Karena aku masuk di jurusan bahasa, dan kebetulan dia juga ngajar seni sejarah. (yeeee *sambil tepuk tangan), huuuh betapa senangnya aku. Dan pas masuk pertama, dia memperkenalkan berbagai macam kesenian. Minggu depannya kamipun mulai praktek. And the last is praktek membatiiiiiikkkk (tepuk tangan lagi). 
But, sebelum kami go to praktek membatiknya, kami disuruh membuat desain batiknya terlebih dahulu. Waktu itu aku tidak kepikiran mau membuat batik apa? Tapi setelah beliau memberikan contoh-contoh batik, akhirnya akupun mulai menjalankan tangan ini sesuai dengan inspirasi yang ada dalam pikiranku. And then, jadilah si bebek yang sedang duduk disinggasananya. hihihihi.... Ya, kalo dipikir-pikir "perasaan dulu aku tidak terinspirasi membuat bebek. But, hasilnya like a donal bebek. hihihi". Dengan hasil karyaku yang super aneh itu, beliaupun memilihnya sebagai salah satu desain batik terbaik (yeeee... lagi-lagi tepuk tangan *bangga[dot]com). Desain batik yang terpilih itu tiga. Desain punyaku, Risa Araswati sama Mulyana. yuyuyuyuyu.... Kami memang selalu bersaing dalam seni. hihiihi (naon cenah?). Dan inilah aksi kami... hihihi... Pola bebek itu, aku batik dengan menggunakan malam dingin. sedangkan untuk malam panas, aku menggunakan pola yang lebih bagus. Pola batik ini aku gabungnya dengan teknik celup ikat. hihihi 

Well, pada bagian membatik dengan menggunakan malam panas,kami dikelompokan menjadi 3 kelompok lagi , seperti biasanya. Dan before we start, guruku mengenalkan alat-alat yang akan kami gunakan (terlebih dahulu) di ruangan khusus membatik kelas kami.
Pertama, canting. "Nah, anak-anak ini namanya canting. Kalian sudah tahu kan apa gunanya canting?" tanya Bu Euis pada kami yang sedang sibuk memilih canting yang paling enak untuk dipakai. "Iya bu" jawab kami serempak. 
Kedua, malam. "Nah malam inilah yang digunakan untuk membuat pola. Nanti, malamnya kalian panaskan diatas kompor kecil itu ya? Terus kalian mulai membatik sesuai dengan pola yang sudah kalian pegang masing-masing" Kata ibunya (Wuw, aku inget banget ya dengan perkataan ibunya?hehe).
Berbagai macam peralatan lainnya juga beliau perkenalkan pada kami.
(Ilustrated picture from : Berita Handy)

Hari berganti hari, dan minggupun berlalu. Dua minggu sudah kita melewati hari, dan akhirnya pola pertamapun selesai (karena dikerjakan oleh banyak orang. hihihi). And, waktunya pencelupan warna pertama. 
Pada pencelupan kali ini, aku membiarkan Imas Yani dan Tissa Azhar (teman segeng, wkwkwkwk...) untuk mencelup tugas kami. Yahhh! Warna kuning, teman-teman... Latarnya emang warna kuning. setelah itu, kami kembali membatik tahap kedua (yaitu memberikan malam dibagian yang ingin warnanya tetap kuning). kemudian mencelupnya ke warna yang lain. Membatik-mencelup, batik-mencelup. The last, kita masuk ke tahap pencelupan yang bertujuan untuk melunturkan semua malamnya, dan melihat hasil akhirnya. 
And jengjrenggggg ini dia hasilnya ??? hehehe (mana???).....
Ups.. ketinggalan di sekolah. heh

Yeah, setelah praktek itu.... Aku jadi suka batik...
And do you know? Kalo aku jadi bangga berbatik!.

Sampai akhirnya ketemu dengan sebuah link belanja online  yang lumayan banyak modelnya, dan ternyata indah and bagus-bagus design bajunya teman! And bukan hanya baju aja... and the all things about batik is more beautifull too...
so, check it out! www.berbatik.com: batik;malam;canting;berbatik;belanja;online
Dan yang paling penting aku juga jadi suka semua batik, termasuk batik garutan. Karena batik garutan itu merupakan batik dari daerahku sendiri. Yaitu Garut. Wow, selain desainnya yang very very wonderfull. Aku juga suka ciri khasnya. hehehe. bangga!
Sampai hari ini, ketika aku jalan-jalan dan melihat ada butik batik ataupun toko batik. Aku jadi seneng lihatnya. Becouse today I'm falling in love with batik! 

Hoahhh... sudah ah... So, pesanku... Cintai produk Indonesia! Jangan sampai ketika mau di klaim, baru deh kalian tergerak untuk mencintainya!
Oke, semangat batik!
Wear Batik! If you loving that!

*Argh! Jadi kangen SMA... 
"Buuuu, aku pengen membatik lagi!!!" Sambil kucek-kucek mata (gatal). hihihi
"Buuu... pengen batik ibunya aja deh!" (Plak! apa-apan kamu? Mau? beli aja! hihihhi)
"Buuu.... Kangen..." (Kangen ibu apa kangen batiknya?"
Ahahahah... Udah ah, GJ banget sih kamu Nay!
Yoooo.... diawali dengan nyanyi, diakhiri juga dengan nyanyi:


This is the way you wear  Batik, 
waer batik,
wear batik,
this is the way you wear batik,
you wear it in the morning!

(yeee... keprok sambil jugkit-jungkit. Satu lagi ah, nyanyinya...)

lalala aku cinta sekali
pakai batik 
(lagu doraemon)




2013

Yey,,, Tahun 2013.
Hah, tak terasa. Ternyata waktu berjalan begitu cepat. Dan umur kitapun bertambah sekaligus berkurang. And so, apa yang telah kita capai ditahun 2012 kemarin???
zzz.. Well, saatnya menata hidup baru. Lupakan semua yang telah terjadi dan mulai kembali menatap masa depan!