It's Me!

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Pandangan Pertama

"Batik, batik, membatik
aku suka membatik
batik ini, batik itu
banyak sekali" 
*sambil nyanyi ala theme song doraemon*
Ya, bicara tentang batik. Aku jadi inget masa-masa SMA dulu (wow, berarti sekarang sudah tua, ya? ahahhhaha). Eits, nggak dong!
Aku hanya ingin bercerita tentang awal hidupku mencintai batik. 
Well, dengerin ya? Eh, salah. Baca baik-baik ya? hehe

Ceritanya (still SMA.ahaha), guru aku yang paling ceke (eh salah ngetik), kece maksudnya. hehe Sory sory, matanya lagi agak gangguan. ~back to the laptop~ Dia ternyata jago sekali membatik. Ya, masa nggak ya? orang dia guru seni budaya aku. hihihi... Aku emang paling interest banget kalo sudah dia gurunya. Pasalnya dia guru yang (sumpah deh) kreatifnya minta ampun. Hmm... Her name is Euis Komala Sari (Maaf ya bu, kalo salah nulisnya. haduhhh rada lupa-lupa ingat ini teh. hehe). Waktu kelas satu, aku belajar buat klay sama apa ya namanya itu, lupa[dot]com. Pokoknya nempel-nempel gitu da namanya tuh. (aduuhhhh, ibu maafkan aku. rupanya aku bukan pengingat yang baik :( ).

Well, no problem. 
Nah, dari sanalah aku suka dia. And then, kelas dua kami bertemu lagi. Karena aku masuk di jurusan bahasa, dan kebetulan dia juga ngajar seni sejarah. (yeeee *sambil tepuk tangan), huuuh betapa senangnya aku. Dan pas masuk pertama, dia memperkenalkan berbagai macam kesenian. Minggu depannya kamipun mulai praktek. And the last is praktek membatiiiiiikkkk (tepuk tangan lagi). 
But, sebelum kami go to praktek membatiknya, kami disuruh membuat desain batiknya terlebih dahulu. Waktu itu aku tidak kepikiran mau membuat batik apa? Tapi setelah beliau memberikan contoh-contoh batik, akhirnya akupun mulai menjalankan tangan ini sesuai dengan inspirasi yang ada dalam pikiranku. And then, jadilah si bebek yang sedang duduk disinggasananya. hihihihi.... Ya, kalo dipikir-pikir "perasaan dulu aku tidak terinspirasi membuat bebek. But, hasilnya like a donal bebek. hihihi". Dengan hasil karyaku yang super aneh itu, beliaupun memilihnya sebagai salah satu desain batik terbaik (yeeee... lagi-lagi tepuk tangan *bangga[dot]com). Desain batik yang terpilih itu tiga. Desain punyaku, Risa Araswati sama Mulyana. yuyuyuyuyu.... Kami memang selalu bersaing dalam seni. hihiihi (naon cenah?). Dan inilah aksi kami... hihihi... Pola bebek itu, aku batik dengan menggunakan malam dingin. sedangkan untuk malam panas, aku menggunakan pola yang lebih bagus. Pola batik ini aku gabungnya dengan teknik celup ikat. hihihi 

Well, pada bagian membatik dengan menggunakan malam panas,kami dikelompokan menjadi 3 kelompok lagi , seperti biasanya. Dan before we start, guruku mengenalkan alat-alat yang akan kami gunakan (terlebih dahulu) di ruangan khusus membatik kelas kami.
Pertama, canting. "Nah, anak-anak ini namanya canting. Kalian sudah tahu kan apa gunanya canting?" tanya Bu Euis pada kami yang sedang sibuk memilih canting yang paling enak untuk dipakai. "Iya bu" jawab kami serempak. 
Kedua, malam. "Nah malam inilah yang digunakan untuk membuat pola. Nanti, malamnya kalian panaskan diatas kompor kecil itu ya? Terus kalian mulai membatik sesuai dengan pola yang sudah kalian pegang masing-masing" Kata ibunya (Wuw, aku inget banget ya dengan perkataan ibunya?hehe).
Berbagai macam peralatan lainnya juga beliau perkenalkan pada kami.
(Ilustrated picture from : Berita Handy)

Hari berganti hari, dan minggupun berlalu. Dua minggu sudah kita melewati hari, dan akhirnya pola pertamapun selesai (karena dikerjakan oleh banyak orang. hihihi). And, waktunya pencelupan warna pertama. 
Pada pencelupan kali ini, aku membiarkan Imas Yani dan Tissa Azhar (teman segeng, wkwkwkwk...) untuk mencelup tugas kami. Yahhh! Warna kuning, teman-teman... Latarnya emang warna kuning. setelah itu, kami kembali membatik tahap kedua (yaitu memberikan malam dibagian yang ingin warnanya tetap kuning). kemudian mencelupnya ke warna yang lain. Membatik-mencelup, batik-mencelup. The last, kita masuk ke tahap pencelupan yang bertujuan untuk melunturkan semua malamnya, dan melihat hasil akhirnya. 
And jengjrenggggg ini dia hasilnya ??? hehehe (mana???).....
Ups.. ketinggalan di sekolah. heh

Yeah, setelah praktek itu.... Aku jadi suka batik...
And do you know? Kalo aku jadi bangga berbatik!.

Sampai akhirnya ketemu dengan sebuah link belanja online  yang lumayan banyak modelnya, dan ternyata indah and bagus-bagus design bajunya teman! And bukan hanya baju aja... and the all things about batik is more beautifull too...
so, check it out! www.berbatik.com: batik;malam;canting;berbatik;belanja;online
Dan yang paling penting aku juga jadi suka semua batik, termasuk batik garutan. Karena batik garutan itu merupakan batik dari daerahku sendiri. Yaitu Garut. Wow, selain desainnya yang very very wonderfull. Aku juga suka ciri khasnya. hehehe. bangga!
Sampai hari ini, ketika aku jalan-jalan dan melihat ada butik batik ataupun toko batik. Aku jadi seneng lihatnya. Becouse today I'm falling in love with batik! 

Hoahhh... sudah ah... So, pesanku... Cintai produk Indonesia! Jangan sampai ketika mau di klaim, baru deh kalian tergerak untuk mencintainya!
Oke, semangat batik!
Wear Batik! If you loving that!

*Argh! Jadi kangen SMA... 
"Buuuu, aku pengen membatik lagi!!!" Sambil kucek-kucek mata (gatal). hihihi
"Buuu... pengen batik ibunya aja deh!" (Plak! apa-apan kamu? Mau? beli aja! hihihhi)
"Buuu.... Kangen..." (Kangen ibu apa kangen batiknya?"
Ahahahah... Udah ah, GJ banget sih kamu Nay!
Yoooo.... diawali dengan nyanyi, diakhiri juga dengan nyanyi:


This is the way you wear  Batik, 
waer batik,
wear batik,
this is the way you wear batik,
you wear it in the morning!

(yeee... keprok sambil jugkit-jungkit. Satu lagi ah, nyanyinya...)

lalala aku cinta sekali
pakai batik 
(lagu doraemon)




11 komentar:

Arga Litha mengatakan...

Gimana nyanyinya tuh? :D Asyiiik, ada lagunya.

Eh judulnya pandangan pertama, jadi inget postinganku tentang pandangan pertama juga di http://argalitha.blogspot.com/2012/12/pandangan-pertama-acer-is-my-asinspire.html

Mbak mau ikutan kuisku gak? di http://argalitha.blogspot.com/2013/01/januari-giveaway.html hadiahnya 3 buku. gampang kok

nayza el syekia mengatakan...

lagu doraemon. heheh...
*korban doraemon nih*hihihi

Oh, sip. Aku baca ya? :)

Ervan Maulana mengatakan...

wiiissss, d buat single ttg batik ajjah,.,
mnta comment.a http://bit.ly/10lwXtJ

Rikar Confiused mengatakan...

Pengalaman meraik, yah? :)
www.mrikartayusani.blogspot.com

Comandante Attar mengatakan...

Jaman SMA ku g sempet ikut praktek membatik, baru ada pas adik kelas... hiks...

inget untuk Berbatik Ramah Lingkungan http://tgkattar.wordpress.com/2013/01/07/berbatik-ramah-lingkungan/

Amir mahmud mengatakan...

Wow, ada pengalaman membatik ya, ak belum pernah.
Komentar balik ya ?
http://amir-silangit.blogspot.com/2013/01/batik-warisan-budaya-yang-harus-di-jaga.html

nayza el syekia mengatakan...

iya kak, itu waktu aku SMA. Kebetulan ada pelajaran seni budaya dan seni sejarah. Nah, disinilah aksi membatikku.hehe

oke sip.

Iwan Sumantri mengatakan...

Mantap artikelnya ! Semoga Sukses ! Salam Kenal dari One SM : http://tinyurl.com/ahw7h5j

nayza el syekia mengatakan...

Terima kasih kak,
amiin ...
:)

Rikar Confiused mengatakan...

Baca punya saya juga, yah! ^-^

http://mrikartayusani.blogspot.com/2013/01/trend-berbatik-bukan-sekedar-warisan.html

Risa Araswati mengatakan...

ciee,. nama aku mampir tuh di atas (HAHAH)

Poskan Komentar