It's Me!

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

おいくつ ですか。(berapa tahun?)


Hai, hai teman-teman.
おげんき ですか。。。。。。。。。。。。。。。。
Waduh, bertemu lagi yo......... Hehe, lagi bersemangat nih. Mumpung tugas belum membanjiri area otak.hihihihi
Ok, kemarin kita kan sudah belajar tentang hitungan, juga hitungan untuk orang. Now, we will learn about our age.
Dari judulnya saja, kita sudah tahu ya??? Eits itu bagi yang tahu nay, bagi yang nggak "Apa itu?" heheh
Nah judul diatas itu artinya "berapa umur kamu?" Begitu teman-temang.

Sekarang mari kita mulaaaaaaaaaaaiiiiiiii............ :)
Untuk menanyakan umur, kita bisa pake kalimat ini ;
おいくつ ですか。
atau
なんさい ですか
begitu teman-teman. Tapi jawabannya bukaan dengan menggunakan bilangan-bilangan yang sudah kita pelajari kemarin. Tapi ada lagi..............
Ini dia (jengjreng).......

(ことし=umur)
  1. いっさい
  2. にさい
  3. さんさい
  4. よんさい
  5. ごさい
  6. ろくさい
  7. ななさい
  8. はっさい
  9. きゅうさい
  10. じゅうさい
Gimana? Gampang kan? Tinggal tambahin sai aja. Eits bukan saiang, tapi sai. Ingat "sai" aja.....
Begitu seterusnya tinggal tambahin sai aja. Tapi khusus untuk umur 20 tahun  itu adalah はたち , tapi untuk 21 dan seterusnya itu menggunakan bilangan biasa tambah sai. 21 (にじゅういっさい)

Yups, cuma gitu doank. Gampang kan????hehehe
Sekarang mari kita buat contoh kalimat.....
  1. はは は さんじゅうさんさい です。
  2. ちち は よんじゅうななさい です
  3. あに は にじゅういっさい です
  4. わたし は じゅうはっさい です
  5. おとうと は じゅうさい です。
Segitu cukup tak???
Ayooooo siapa yang tahu arti kalimat-kalimat diatas???
Cung siapa yang bisa memberi contoh? Kalau tak ada, ya sudah silahkan teman-teman coba bikin kalimat sendiri, kemudian terjemahkan.
Ok?

また あした。。。。。 sampai jumpa besok..... :)

4 komentar:

Syihab Muchsin mengatakan...

Hahhouww... Mr.Muchsin was here...

nayza el syekia mengatakan...

じゃあ、いらっしゃいませ. Welcome to my blog :)

Maleakhi Misael Sutanto mengatakan...

Hmm, "なんさいですか?"
"きゅうじゅうさいです。"
Gitu?

nayza el syekia mengatakan...

Iya benar. Tapi Male, maksudnya 19 tahun?
Kalau 19, itu じゅうきゅう bukan きゅうじゅう. Kalo きゅうじゅう itu 90.

Ehm, udah belajar tentang bilangan belum?

Poskan Komentar