It's Me!

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Reaksi Masyarakat Terhadap Berita Penemuan Piramid di Daerah Sadahurip-Garut


Mungkinkah benar jika ada sebuah piramid di daerah Garut?
Garut merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Garut mempunyai ciri khas yang bagus. Mulai dari makanan, kerajinan, tempat pariwisata dan lain sebagainya. Kemudian Garut juga mempunyai beberapa daerah yang masih memegang teguh budayanya sejak jaman dahulu. Yaitu kampung Pulo yang terletak di Kecamatan Leles dan kampung dukuh yang terletak di daerah pameungpeuk. Kampung pulo mempunyai tujuh rumah adat serta satu masjid yang desainnya masih sama seperti desain sebelumnya. Salah seorang warga kampung pulo menyebutkan bahwa rumah adat ini baru direnovasi satu kali. Mereka sangat memegang teguh kebudayaannya. Kemudian kampung Dukuh juga tak kalah ketinggalan. Kebudayaan di kampung dukuh juga masih dipegang kuat oleh penduduknya. Di kampung ini tidak ada aliran listrik sama sekali, kemudian warga kampung dukuh pun masih menggunakan alat-alat tradisional. Mereka menganggap bahwa dengan adanya alat eletronik selain ada manfaatnya namun tentunya juga mendatangkan madaratnya. Dan biasanya madaratnya lebih besar daripada manfaatnya.
A.Berita Tentang Adanya Piramid di Garut
Pada bulan-bulan kemarin ada anggota tim yang sedang melakukan penelitian yang mengungkapkan tentang penemuan piramida di Desa Sadahurip. Sebagian orang merasa kaget dengan adanya berita ini, bahkan ada salah seorang warga Garut yang langsung mencari bukti ke tempat kejadian. Para arkeolog pun tertarik dengan penelitia ini, sehingga mereka akan terus berusaha mencari bukti.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), piramid adalah bangunan yang terbuat dari batu, berbentuk limas tempat menyimpan mumi raja-raja mesir pada zaman dulu.
Para peneliti menemukan sebuah gagasan bahwa gunung itu merupakan piramid yaitu ketika mereka sedang meneliti patahan atau sejarah gempa pada zaman dahulu. Para peneliti ini berusaha untuk membuktikan bahwa gunung di Sadahurip itu memang benar piramid. Mereka melakukan pemotretan dengan menggunakan IFSAR(InterFerometric Synthetic Apperture Radar), sebagian dari foto itu berwarna kuning yang menandakan adanya batu-batu. Kemudian dipuncaknya ada warna biru yang menandakan adanya air.

Mereka tetap yakin bahwa benda di dalam gunung itu merupakan benda yang berbentuk piramid yang merupakan peninggalan zaman dahulu. Dan mereka akan tetap mencari fakta yang lebih kuat sehingga dapat membuktikan bahwa gunung Sadahurip itu adalah piramid.
Jika dilihat sekilas dari foto diatas, memang gunung itu terlihat seperti piramid, namun jika kita lihat secara langsung gunung itu hanyalah terlihat sebagai tumpukan tanah yang biasa saja.

B.Reaksi Masyarakat terhadap Pernyataan itu
Masyarakat Garut baru menyadari tentang bentuk dari gunung Sadahurip. mereka biasanya menyebut gunung itu dengan sebutan gunung putri, gunung leutik atau gunung cinta. Masyarakat Garut menganggap bahwa gunung ini merupakan gunung keramat. Mereka sangat mengapresiasi sekali penyusutan kebenaran tentang adanya piramid ini. bahkan mereka mengaku bahwa sebagai bangsa indonesia mereka sangat nagga karena adanya kabar seperti ini. meski belum terungkap kebenaran dari pernyataan itu, namun mereka berharap bahwa para arkeolog yang kompeten ini segera menemukan bukti kebenarannya.
Pernyataan piramid Garut ini sempat membuat masyarakat ramai. Bahkan mereka menjadikan pernyataan ini sebagai buah bibir mereka setiap hari.
Sebagai warga Garut, saya sangat terkejut dengan pernyataan ini. selama tinggal di Garut, orang-orang yang berada disekitar gunung inipun tidak menyadari bahwa bentuk dari gunung Sadahurip ini mirip dengan piramid. Kemudian hanya sebagian warga Garut yang mengetahui berita ini. Mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan berita ini beredar tidak menyeluruh :
a.Kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui berita tentang seputar Garut
b.Kurangnya informasi yang beredar
c.Keacuhan mereka terhadap berita disekitar
d.Kebanyakan berita beredar di media internet. Masyarakat Garut tidak semuanya mengenal internet. Apalagi dengan masyarakat di kampung. Sebagian yang mengenal internet adalah mereka yang bersekolah, sedangkan mereka yang tidak, mendengar tentang komputer saja pikiran mereka sudah berimajinasi kemana-mana.
Keadaan seperti itu membuat masyarakat Garut yang mengetahui tentang pernyataan ini hanya sebagian orang saja.
Memang tidak ada sejarahnya bahwa ada sebuah piramid yang berada di Indonesia. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan ada sebuah piramid di Indonesia tepatnya di daerah Sadahurip, Garut. Karena sebelum kita berada di dunia ini, tentunya ada orang-orang terdahulu yang hidup sebelumnya. Mungkin saja mereka membuat sebuah piramid di Indonesia.
Indonesia selalu kekurangan bahan atu bukti tertulis tentang sejarah. Seperti halnya sejarah Raden Ayu Lasminingrat yang lahir di Limbangan 1847 jauh lebih dahulu sebelum RA.Kartini. Beliau adalah seorang perempuan yang mendirikan “sakola kautamaan istri” di Garut, sekarang menjadi SDN Regol X-XIII Garut. Wakil Bupati, Dicky Chandra beserta istri dan yang lainnya sudah berusaha untuk mengusulkan agar RA.Lasminingrat menjadi salah satu pahlawan perempuan Indonesia yang berasal dari Garut. Namun hal itu belum berhasil karena sebagian bukti-buktinya masih ada di Negara kincir angin atau tapatnya Negara Belanda. Dan yang paling mengejutkan salah satu buku karya RA.Lasminingrat ditemukan di Singapura. Kemudian untuk mendapatkan bukti-bukti tersebut dibutuhkan biaya yang tidak murah. Karena bukti-bukti itu berada di negara orang lain. Hal ini cukup membuktikan bahwa negara Indonesia kurang memperhatikan sejarah-sejarahnya. Padahal sebenarnya hal itu sangat diperlukan sekali sebagai warisan anak-anak generasi bangsa kita.
C.Tanggapan Pemerintah Garut
Selama ini masih belum ada reaksi apapun dari pemerintah garut. Menurut Zaidan, pemerintah harus segera memaksimalkan temuan ini. karena menurutnya hal ini bisa dijadikan sebagai tempat pariwisata. Yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Garut. Namun dinas pariwisata dan kepurbakalaan sudah mencoba menghubungi para ahli untuk langsung menangani masalah ini. Sehingga jika masalah ini cepat terungkap maka tidak akan ada lagi kepenasaranan di dalam pikiran semua orang yang sedang menunggu-nunggu kebenarannya.
Kemudian pemerintahpun disarankan menyediakan anggaran jika memang benar adanya piramid di gunung Sadahurip ini. Karen abisa saja ini merupakan titik awal kebangkitan Garut. Pemerintah selama ini memang dianggap agak kurang dalam melayani masyarakat. Namun setidaknya harus ada suatu reaksi terkait masalah ini.
Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian masyarakat Garut cukup mengapresiasi pernyataan tentang gunung Sadahurip yang mirip dengan piramid mesir itu. Meskipun para peneliti belum mendapatkan bukti yang dapat meyakinkan masyarakat Garut serta masyarakat Indonesia, mereka terus mencari-cari bukti agar pernyataan mereka dapat diakui oleh semua warga. Kemudian belum ada reaksi yang dari pemerintahan daerah Garut, namun dinas pariwisata atau kepurbakalan Garut sudah memanggil orang-orang yang ahli untuk memecahkan isu atau pernyataan ini.

SUMBER RUJUKAN
http://www.artikata.com/arti-345331-piramida.html (Diunggah pada tanggal 9 Desember 2011 pukul 13.34 WIB).
http://nasional.vivanews.com/news/read/268167-asing-berniat-ungkap-misteri-piramida-garut(diunduh pada tanggal 30 november 2011 pukul 21.01 WIB)
http://oase.kompas.com/read/2011/12/13/09243523/Gde.Pitana.Tak.Ada.Sejarah.Piramida.di.Indonesia(diunduh pada tanggal 2 Desember 2011 pukul 22.32 WIB)
http://www.analisadaily.com/news/read/2011/11/24/23128/warga_garut_jadi_heboh_dengan_gunung_piramida/#.TuchKWWLbIU(diunduh pada tanggal 02 Desember 2011 pukul 20.12 WIB).

1 komentar:

AMIK GARUT mengatakan...

"German akan kuak misteri piramida Garut".

apabila hal itu terbukti adanya suatu piramida, maka proses retribusinya akan oleh negara jerman sendiri.

mengapa hal tersebut tidak oleh negara indonesia saja?//???????????????????

Poskan Komentar