It's Me!

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Pola Kalimat (Lanjutan 3 Golongan Kata Kerja)

Minna, setelah lama tak berjumpa. Akhirnya aku menyempatkan diri untuk melanjutkan pembahasan ini. Aduuuhh,,, Gomenne! Akhir-akhir kemarin aku terlalu sibuk untuk menulis dan kuliah. Well, kali ini kita lanjutkan pembahasan..

Nah, kemarin kan udah bahas tentang kata kerja glongan ke satu sampai tiga.Sekarang kita coba masukan kata kerja tersebut kedalam sebuah pola kalimat. And, pola kalimat sekarang adalah mengenai kegemaran. Eh, ngomong-ngomong kosa kata tentang kegemaran ini sudah diberikan nggak ya?  Kalau belu belum, ntar aku update deh..

Oke! Hajimemashou.... ^_^

POLA KALIMAT 
~ の が すき です。
Nah lambang ~ tersebut diisi dengan kata kerja bentuk kamus. Tahu kan kata kerja bentuk kamus yang mana??? Itu looo yang うつるぶぬむくぐす。Hayooo siapa yang lupa lagi?

Ehm, sekarang kita beri contoh ya!
① わたし は え を かくのが すき です。
② わたし は うたうのが すき です。

Cung yang tahu artinya??? :)
Nah, kenapa disini memakai kata kerja yang bentuk kamus kemudian ditambah no??? Ada yang tahu? Ya, pada pola kalimat ini bentuk kata kerja yang kita gunakan itu bukanlah yang kata kerja yang sesungguhnya. Akan tetapi kata kerja yang menjadi kata benda. Ngerti nggak maksudnya? 
Seperti contoh yang pertama : Saya suka menggambar. Artinya, menggambar disini bukanlah menggambar dalam arti kata kerja. Akan tetapi sebuah ungkapan saja (kata benda) yang tidak sedang dilakukan. Sehingga haruslah pakai no. 

Contoh percakapan :
山田 : エコ さん、 あなた は バンドン へ あそぶのが すきですか。
エコ : はい、すきです。 
山田 : そうですか。

Gimana? Ada yang ditanyakan?

Kalo nggak, lanjut ke pola kalimat ke 2.
KEGIATAN YANG SEDANG BERLANGSUNG

~は~ています。

Well, karena nggak ada yang nanya, kita lanjut ke pola kalimat ke dua. Yaitu kalimat kegiatan yang sedang berlangsung. Dalam kalimat ini, kita akan menggunakan kata kerja bentuk te. Masih ingat nggak pengubahan kata kerja bentuk kamus ke kata kerja bentuk te? Pengubahannya hampir sama dengan yang bentuk masu, hanya saja ini berubah menjadi bentuk te.

Oke, kita masuk ke contoh: 
① メリ さん は おんがく を きいています。
② アリ さん は ほん を よんでいます。

Hai, gampang kan?
Hehehe
Masih bingung, atau sudah mengerti?
もだい が あったら、しつもんして っくださいね!(Kalau ada masalah, tanyakan saja ya???)

Hai, おわる!
また あした。。。 



0 komentar:

Poskan Komentar